Butuh Bantuan? Customer Service Laras Senapan (LS Sport) siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Laras Senapan Angin Yang Baik dan Sesuai Kebutuhan

Laras Senapan Angin Yang Baik dan Sesuai Kebutuhan

Ditulis pada: 7 April 2017 | Kategori:

Laras senapan angin yang baik adalah sebuah laras yang mampu memberikan akurasi dan daya rusak terbaik dalam satu kali tembakan, serta memiliki daya tahan yang lebih kuat. Akan tetapi, apa yang menjadi pertanyaan dari kebanyakan orang adalah tentang bagaimana cara memilih laras senapan angin yang baik sesuai dengan kebutuhan.

Laras Senapan Angin Lokal Terbaik

Laras Senapan Angin Lokal Terbaik

Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa pada dasarnya laras senapan yang baik itu memiliki ketahanan bahan yang lebih kuat, serta memiliki tingkat akurasi yang sangat baik. Tentunya, ada beberapa hal yang menjadi faktor utama dalam menentukan baik buruknya sebuah laras yang digunakan untuk senapan angin ataupun gas. Lalu, bagaimanakah kriteria laras senapan angin yang baik dan sesuai kebutuhan yang dimaksud? Berikut detail kriteria laras senapan terbaik yang dapat Anda ketahui.

Bahan Laras Senapan Angin

Perlu diperhatikan bahwa bahan yang digunakan harus menggunakan bahan yang mudah dibentuk tetapi juga sangat kuat. Dengan bahan seperti itu, maka akan memudahkan setiap pengrajin dalam membentuk laras (barrel) seperti proses bubut, senai dan pengaluran. Sementara itu, kekuatan bahan menjadi faktor utama untuk daya tahan laras itu sendiri. Sebab seiring dengan pemakaian yang terus menerus, maka akan terjadi pengikisan pada alur yang diakibatkan oleh gesekan dari mimis (peluru) yang membuat alur pada laras menjadi semakin tipis.

Laras Senapan Angin Bahan Seamless Import

Laras Senapan Angin Bahan Seamless Import

Laras Senapan Bahan Besi Baja Lokal

Laras Senapan Bahan Besi Baja Lokal

Alur Laras Senapan Angin

Alur yang baik pada laras adalah alur yang memiliki bentuk putaran presisi tanpa terputus dan tidak bergelombang. Putaran alur (spiral) ini berfungsi sebagai pemutar mimis (peluru) saat terdorong oleh angin atau gas dari tabung senapan angin. Sedangkan alurnya berpungsi sebagai jalur utama (rel) mimis agar dapat melesat lurus menuju target.

Dalam hal ini jumlah putaran dan jumlah alur pada laras menjadi sangat berpengaruh terhadap akurasi dan daya robek mimis. Pada prinsipnya, semakin banyak jumlah putaran alur maka semakin besar pula gaya gesek antara laras dan mimis. Begitu pula dengan jumlah alur pada laras, semakin banyak jumlahnya maka akan semakin besar pula gaya gesek mimis dengan jumlah alur yang ada.

Contoh Alur Laras Yang Baik

Contoh Alur Laras Yang Baik

Cara memilih alur laras senapan angin yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan kita yaitu dengan menerapkan prinsip diatas. Sebagai contoh, jika senapan angin digunakan untuk membidik hewan yang membutuhkan daya robek, maka kita memerlukan alur dan/atau putaran spiral dengan jumlah yang sedikit. Artinya, jika gaya gesek yang dihasilkan itu sedikit maka mimis akan lebih mudah melesat dan daya robeknya akan semakin besar. Sedangkan, jika senapan angin digunakan untuk menembak sasaran yang hanya memerlukan akurasi saja, maka jumlah alur dan putaran yang dibutuhkan akan lebih banyak agar putaran dan laju mimis lebih akurat.

Panjang Laras Senapan Angin

Dalam mendapatkan tingkat akurasi pada laras senapan angin selain faktor jumlah alur dan putaran, panjang laras juga sangat mempengaruhi hal ini. Prinsipnya adalah semakin panjang laras senapan, maka akan semakin baik pula tingkat akurasinya. Sebaliknya, semakin pendek laras maka akan semakin buruk tingkat akurasinya. Alasannya yakni jika laras yang digunakan lebih panjang, maka laju mimis akan semakin mengikuti jalur yang ada pada panjang alur laras sehingga tingkat akurasinya menjadi lebih baik.

Panjang Laras Senapan

Panjang Laras Senapan

Diameter Laras Senapan Angin

Diameter lingkaran pada laras terbagi menjadi 2 (dua) bagian, yakni diameter lubang laras dan diameter bagian luar. Diameter lubang laras akan menentukan ukuran kaliber mimis (peluru) yang digunakan, sedangkan diameter bagian luar pada laras akan menentukan kekuatan gaya lengkung dan getaran pada laras itu sendiri.

Diameter Laras Senapan Angin

Diameter Laras Senapan Angin

  • Diameter lubang laras

Tentunya mimis (peluru) yang digunakan dalam dunia tembak memiliki ukuran yang berbeda-beda. Ukuran mimis (peluru) yang digunakan harus disesuaikan dengan kebutuhan sang penembak. Adapun ukuran mimis yang biasa digunakan untuk senapan angin (gas) mempunyai ukuran kaliber antara 4,5mm hingga 5,5mm bahkan ada juga yang menggunakan lebih dari itu. Maka dari itu, ukuran diameter laras senapan angin harus sesuai dengan kaliber mimis (peluru) yang akan digunakan.

Sebagai contoh, diameter lubang laras senapan angin untuk ukuran mimis kaliber 4,5mm pastinya berukuran 4,5mm pula agar mimis dapat masuk kedalam lubang. Tetapi diameter alur pada lubang laras biasanya dibentuk lebih kecil dari diameter keseluruhan lubang laras. Hal tersebut dilakukan supaya alur dapat mencengkram (menggigit) badan mimis pada saat dilesatkan.

Diameter alur pada lubang laras senapan angin juga menjadi salah satu faktor akurasi dan daya robek mimis (peluru). Jika diameter alur lubang laras dibentuk dengan ukuran semakin kecil, maka daya cengkram (gigit) pada mimis akan semakin kuat. Artinya semakin kuat daya cengkramnya maka semakin baik akurasinya, namun gaya gesek dihasilkan akan semakin besar hingga daya robek mimis menjadi lebih kecil dan begitu juga sebaliknya.

  • Diameter Luar Laras

Diameter yang terdapat pada bagian luar laras menjadi penentu kekuatan laras, tetapi hal ini juga tidak lepas dari diameter lubang laras. Lagi-lagi kita ambil contoh, jika lubang laras senapan angin berukuran 4,5mm dan diameter bagian luar laras berukuran 16mm, maka ketebalan laras adalah 11,5mm. Sedangkan, jika ukuran diameter luar laras berukuran 13mm dengan diameter lubang yang sama, maka ketebalan laras adalah 8,5mm. Jelas bahwa, semakin besar ukuran ketebalan laras maka semakin terjamin pula kekuatan daya lengkung laras tersebut. Begitupun sebaliknya, semakin tipis laras maka semakin berkurang pula kekuatannya.

Selain dari faktor kekuatan laras, diameter luar juga menentukan daya getar dari laras. Saat senapan angin ditembakan, tentunya akan terjadi getaran yang cukup besar. Getaran tersebut akan sangat berpengaruh pada tingkat akurasi sebuah tembakan. Jadi pada intinya, laras senapan angin yang memiliki ketebalan cukup besar akan menghasilkan daya getar yang lebih kecil sehingga tingkat akurasinya akan lebih bagus.

Setelah mengetahui penjelasan diatas, kita jadi lebih memahami bagaimana cara memilih laras senapan angin yang baik dan sesuai kebutuhan. Selain dari bahan, alur, panjang dan diameter laras, settingan yang tepat pada senapan angin juga tetap harus menjadi perhatian. Dengan begitu, kita tidak akan salah lagi untuk memilih apabila dikemudian hari harus mengganti laras untuk senapan angin yang kita miliki.

Laras Senapan Angin Yang Baik dan Sesuai Kebutuhan | LARAS SENAPAN ANGIN

Tags: Laras, PCP, Senapan, Senapan Angin, Spare Part, Tips Dan Trik

4 Komentar untuk Laras Senapan Angin Yang Baik dan Sesuai Kebutuhan

  • misdianto berkata:

    laras untuk sharp goppul od 16 , a1/a9/a8 ada gak ya,..? p70

  • M. Hartapip berkata:

    Senapam saya canon 737 long super mau ganti laras karenaakurasi lari / jelek. Mohon infony apakah bapa jual laras yg baik untu senapan tsb. Dan berapa harganya… Saya sangat ingin memiliki senapan yg punya akurasi yang baik.. Saya sangan mendambakan.. Nya.. Mohon petunjuk

    • admin berkata:

      Untuk laras (barrel) Canon 737 sudah kami sediakan di katalog pak, silakan langsung order saja atau WA ke 08156114455

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Langkah-langkah Cara Merawat Laras Senapan Angin

Cara Merawat Laras Senapan Angin Dengan Alat Pembersih Laras Ditulis pada: 9 April 2017

Cara merawat laras senapan angin tergolong mudah untuk dilakukan. Alur pada laras senapan menjadi salah satu faktor yang menentukan akurasi sebuah tembakan. Mekanisme mimis (peluru) yang digerakan oleh dorongan angin (gas) melalui lubang laras akan menghasilkan gesekan terhadap alur laras.... Baca selengkapnya »

Laras Senapan Angin Yang Baik dan Sesuai Kebutuhan

Laras Senapan Bahan Besi Baja Lokal Ditulis pada: 7 April 2017

Laras senapan angin yang baik adalah sebuah laras yang mampu memberikan akurasi dan daya rusak terbaik dalam satu kali tembakan, serta memiliki daya tahan yang lebih kuat. Akan tetapi, apa yang menjadi pertanyaan dari kebanyakan orang adalah tentang bagaimana cara... Baca selengkapnya »

LARAS SENAPAN | Pengertian, Bentuk, Letak, Proses Pembuatan Laras & Bisnis

Laras Senapan Ditulis pada: 4 April 2017

Apa itu Laras Senapan Angin? Laras senapan merupakan salah satu bagian komponen yang terdapat pada sebuah senapan. Laras untuk senapan biasanya mempunyai bentuk silindris memanjang dan memiliki lubang pada diameternya. Lubang laras berfungsi sebagai jalur atau tempat keluarnya peluru yang... Baca selengkapnya »

Gambar Senjata Laras Panjang Terbaik Dan Sejarahnya

Contoh Gambar Senjata Laras Panjang M1 Garand Ditulis pada: 17 Februari 2017

Senjata laras panjang adalah salah satu senjata yang digunakan untuk menembakan proyektil dengan kecepatan tinggi. Tenaga yang digunakan untuk melepaskan tembakan ini bisa berasal dari bubuk mesiu ataupun angin /gas yang dipadatkan. Untuk mengetahuinya, beberapa gambar senjata laras panjang mungkin... Baca selengkapnya »

Kumpulan Gambar Laras Senapan Angin Terbaik

Gambar Laras Senapan Angin Terbaik Ditulis pada: 16 Februari 2017

laras senapan angin merupakan bagian yang cukup sentral dalam memperoleh akurasi sebuah tembakan pada senapan angin yang kita miliki. Banyak diantara kita yang telah mendengar mengenai apa itu laras, tetapi justru tidak mengetahui gambar laras itu seperti apa. Kumpulan gambar... Baca selengkapnya »

senapan angin pro